Ragam Kuliner dan Jajanan Khas Banyumas

  • -
nopia-khas-banyumas

Ragam Kuliner dan Jajanan Khas Banyumas

Sewa Mobil dengan Sopir di Semarang Murah 081288524015,  081524581366.

Banyumas adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki banyak makanan khas dengan rasa yang cukup lezat dan disukai para wisatawan. Kalau kamu penikmat wisata kuliner, sebaiknya kalian tahu apa saja makanan paling dicari wisatawan di Banyumas.

Salah satu makanan khas Banyumas yang cukup terkenal dan hanya bisa ditemukan di daerah Banyumas adalah

  1. Gethuk Goreng, salah satu primadona yang dicari wisatawan. Makanan yang terbuat dari singkong ini banyak ditemukan di daerah Sokaraja, Banyumas.
  2. Soto Sokaraja memiliki ciri-ciri yang berbeda daripada soto pada umumnya. Selain kuah kuning yang masih sama dengan soto lainnya, soto ini sendiri juga disajikan dengan ketupat dan juga sambal kacang yang membuatnya berbeda.
  3. Keripik Tempe, Salah satu oleh-oleh yang meskipun terlihat biasa, oleh-oleh tersebut  sebenarnya cukup spesial dibandingkan beberapa oleh-oleh lainnya di mana kamu hanya akan menemukan cita rasa yang berbeda untuk keripik tempe yang berasal dari daerah Banyumas ini.
  4. Jenang Ketan, Kuliner ini menjadi salah satu makanan khas daerah Banyumas di mana menawarkan cita rasa manis legit juga ada sensasi gurih dari santan. Nama jaket sendiri sebetulnya adalah singkatan dari jenang ketan, di mana beras ketan sebagai bahan baku utama. Jenang jaket
  5. Nopia, Bentuknya lonjong dan sekilas terkesan seperti telur ayam. Dari luar, nopia berwarna putih, namun di dalamnya makanan ini memiliki isian gula merah. Kini juga tersedia rasa coklat, durian dan juga pandan. Sering jadi oleh-oleh andalan karena bisa bertahan cukup lama.
  6. Lanting, Bentuk makanan ini seperti angka delapan atau seperti lingkaran-lingkaran kecil. Lanting terbuat dari singkong dan memiliki rasa asin dan gurih. Kini kalian bisa menemukan berbagai cita rasa, hasil inovasi yang dilakukan oleh pembuat lanting di Banyumas.
  7. Kraca begitu populer khususnya ketika bulan suci ramadan tiba. Selain sebagai kudapan, kraca juga sering dimakan untuk lauk pauk sehari-hari. Terbuat dari keong sawah yang dimasak dengan bumbu khas Banyumas, banyak digandrungi wisatawan yang berkunjung. Makanan ini mungkin terdengar asing bagi kalian dan wisatawan. Namun bagi warga asli Banyumas jajanan ini favorit teman minum kopi. Kalau kalian ke restoran besar jarang bisa dipesan, kalian bisa temukan di warung-warung kopi atau kaki lima di Banyumas.

Komentar Terbaru

    Kategori