Kampung Pelangi Semarang, kampung Warna warni yang Mendunia

  • -
kampung pelangi

Kampung Pelangi Semarang, kampung Warna warni yang Mendunia

Anugerah Auto Rentcar Semarang – Sewa Mobil Matik Murah Semarang telp 081524581366 / 081901431245 / 081288524015 / 08988128559

Kampung Pelangi di Semarang menarik perhatian pengguna media sosial di Indonesia hingga dunia.
Kampung Gunung Brintik beberapa bulan yang lalu adalah kampung kumuh yang tak tertata dengan rimbunan tanaman liar dan tembok-tembok merah tak berplester. Letaknya persis di pinggir Kali Semarang dengan kurang lebih 325 rumah. Namun beberapa pekan terakhir, kampung ini berubah rupa, dan juga berganti nama: menjadi Kampung Pelangi yang penuhi warna-warni.

Proyek ini bermula dari rencana perbaikan Pasar Bunga Kalisari yang diinisiasi pemerintah kota tahun lalu. Pasar bunga yang berada persis di depannya itu diharapkan menjadi destinasi wisata baru
Untuk menata Kampung Brintik itu dibutuhkan dana sebesar Rp3 miliar. Mengingat besarnya kebutuhan serta kepemilikan rumah yang tak semua dihuni warga kurang mampu, membuat anggaran Pemerintah Kota tak dapat masuk di sana.

Untuk itulah, mereka berinisiatif menjadikan program penataan Kampung Brintik dengan model partisipatif, menggandeng seluruh stakeholder mulai dari pengusaha cat, perbankan, industri, konstruksi, pegolf dan lainnya untuk menyelesaikan program ini.

Hasilnya, kerja keras penataan Kampung Pelangi membuahkan hasil cemerlang. Banyak wisatawan lokal, nasional hingga internasional terpesona dengan keindahan seni kreatif di berbagai sudut Kampung Pelangi. Meski baru rampung 2 segmen dari total 4 segmen pengerjaan, kecantikan Kampung Pelangi telah mampu mencuri perhatian dunia. Tak kurang 6 situs informasi berkelas internasional mengekpose keindahan Kampung Pelangi seperti dailymail.com, buzzerfeed.com, lonelyplanet.com dan lainnya.

Tak hanya itu, media TV asing pun ramai memberitakan pesona Kampung Pelangi. Salah satunya media Jerman, Ruply TV yang turut melakukan liputan langsung ke Kampung Pelangi. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Semarang mengajak warga dan masyarakat sekitar agar memiliki kesadaran wisata dan pengembangan UKM dalam menghidupkan Kampung Pelangi.

Kesadaran itu berbentuk pelayanan dan sambutan ramah pada wisatawan, menciptakan ide kreatif untuk menghidupkan wilayah, dan menciptakan kreasi ekonomi.


Komentar Terbaru

    Kategori